Cara membuat sustain keyboard sendiri

Berikut adalah langkah yang bisa di ambil dalam perakitan PEDAL SUSTAIN diantaranya:

Sustain adalah Penggabungan dua buah kabel yang terpisah. Dengan diinjak, maka kedua kabel tersebut akan terhubung untuk sementara. Dari situlah muncul keajaiban berupa nada memanjang, bisa juga program up atau down. Kelemahan sustain piano yang mahal itu terletak pada saklarnya. Saat diinjak, terkadang nada memanjang tanpa henti.

pedal








Pada umumnya Alat sustain tersebut dijual berkisar antara 100 ribu-250 ribuan
Jika anda sendiri bisa membuat nya dengan Dana yang lebih minim, kenapa anda tidak mencoba?
 Adapun Alat yang perlu disiapkan antara lain:
-2 saklar bel. Saklar ini saya pilih karena mempunyai pegas yang kuat, ratusan kali diinjak tidak rusak. Seandainya rusak, harganya cuman 2500 rupiah saja.

bell switch






 -cari kotak untuk casing 2 buak saklar tersebut. Kotak box bikinan sendiri(tentu saja yang awet)/kotak adaptor, atau kotak Pos xixixixixixi .
 Intinya jangan sampai kotak itu terlalu tinggi. Biar ergonomis, saya memakai selongsong bekar adaptor printer Hp. Saya bikin dua lubang untuk menanam saklar tadi.


adaptor hp







-siapkan Jack canon (wedok) untuk dipasang di kotak tersebut. 
Alasan memakai jack seperti ini:
jack ini sering banyak dimiliki oleh penyedia sound system, jika terjadi kerusakan mendadak, Anda tinggal pinjam atau langsung menggantinya dengan kabel mic yang nggak kepakai

Efektif kaaan?

kavel jack female canon











Pada hal ini solderan bisa di tempelkan seperti gambar tersebut
Sengaja plus minus nya dibalik untuk mendapatkan 2 fungsi yang berbeda. Pembalikan ini sengaja saya lakukan karena pada setiap keyboard biasanya mempunyai 2 kemungkinan tatanan aFungsi sustain. Jika tidak cocok dengan kabel sebelah kiri, Anda tinggal menggantinya dengan sebelah kanan
.( YAAA..ATAU IYAAA???)

-masukkan Jenis pemberat
 bisa diambil dari potongan besi atau apapun asal berat(asal jangan Besi 1 Ton saja). Agar saat sustain diinjak, dia tidak bergeser.
Hasil akhir nya kira-kira seperti ini:
sustain keyboard korg oasys






Untuk merubah fungsi sustain ini menjadi program changer, Anda harus melakukan sinkronisasi dengan keyboard. Kebetulan saya menggunakan KORG PA50SD sebagai contoh. Caranya: Tekan global> Page + > 09B Assign SW > Program up(untuk perubahan style tiap menekan sustain). 
Selamat mencoba ya...
Post Title :

,

2 comments:

  1. Hebat kamu. Skrg aku tidak perlu lagi membeli alat sustainer itu dari kedai. Haha.. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Semua model keyboard boleh guna ke?

    ReplyDelete